Membuat kamus 3Bahasa dengan menggunakan APP INVENTOR

Kemajuan teknologi dewasa ini semakin kita rasakan.,banyak hal yang bisa tercipta dengan mengimplementasikan ilmu yang kita dapatkan baik itu indipidu ataupun kelompok.,baik itu belajar secara otodidak ataupun didapatkan mealui dosen di kampus.,

Pada kali ini saya ingin berbagi cara membuat aplikasi kamus tiga bahasa yaitu” INDONESIA-ENGLISH-GERMANY”. aplikasi ini sangat sederhana berisi tentang Perkenalan, Percakapan, Berbelanja, dan Berhitung.

Aplikasi ini tidak ada sistem kodding seperti Program Java ataupun Android..dan aplikasi ini dinamakan App Inventor. mamfatnya sama, kita juga bisa membuat Game dll.

Langsung saja, pertama silahkan buka [ http://ai2.appinventor.mit.edu/ ]. Pilih Project >> Star new Project, isi nama sesuai yang kita ingin kan., contoh seperti judul saya diatas.,

menu utama

Pilih Layout Tarik Horizontas Arragement ke kotak kerja terus lepaskan, itu dilakukan sebanyak kita perlu.,untuk membuat seperti diatas dapat dilihat komponen apasaja yang di inginkan.,

sa

 

fungsi diatas: Image>>Opload gambar, Label >>Tempat penulisak kata.,adapun width>>mengatur ukuran gambar..untuk mengubah posisinya ketengah klik Scree1 diatas lalu pilih center pada Alighorizontal. jika untuk menubah begron tingal pilih saja beground mana yang ingin kita pakai.

Untuk menambah Screen bisa dengan cara edd screen guna membantu lembar utama pada percobaan kerja,jika diklik Menu pada gambar diatas tersebut ia akan menampilkan pilihan sesuai yang diharapkan, sama seperti yang lainnya,jika seandainya pilih tentang aplikasi itu maka akan muncul lembar baru, seperti dibawah ini.

Ke2

Adapun progrmanya sama halnya main game, hanya dengan menyusun Pazzel saja kita sudah bisa menjadikan itu sebuah aplikasi pada HP android kita.,dapat dilihat sebagai berikut.

Percakapan

Susunan Pazzelnya dapat dilihat di Blocks seperti berikut ini.

ad

Menyusunnya ada pada kiri tinggal cocokkan battonnya, jika diklik apa yang akan terjadi nantinya, jika ingin memasukan musik juga bisa,.setelah kita menyusun maka kita terlebih dahulu menjadikan percobaan itu menjadi (Apk.) dengan cara mengklik Buld pilih App save to my computer.

dad

Selanjutnya tunggu proses berlangsung jika sudah selesai maka app yang telah jdi pindahkan ke HP android dan di instal.,maka ia akan jadi..

———Selamat Mencoba Semoga Sukses..!!!————-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s