Membuat Game Sentuh Gambar Pada App Inventor (SEA-LANGUAGE)

Langkah langkah sebagai berikut: off line

  • Mengaktifkan XAMPP sekaligus AppEngine klik kanan pada startAl dan Run.
  • Membuat new projects pada App Inventor.
  • klik Screen Arrangement pilih Horizontal untuk kotak dan Tarik kedalam lemba kerja sebanyak 4 kali seperti gambar berikut.

11

  • Tarik canvas yang berada di Basic kedalam kotak pertama horizontal lalu Tarik button ke kotak horizontal ke dua dan Tarik lebel sebanyak dua kali tarikan ke dalam kotak horizontal ke tiga seakligus Tarik kembali lebel sebanyak dua kali tarikan pada kotak horizontal ke empat. Dan Tarik imageSprite yang berada di animation kedalam kotak horizontal pertama tadi guna untuk menampilkan gambar pada layar output nantinya. Dan Tarik Sound yang berada di media ke tengah layar sekaligus Clock yang berada di basic ketengah pula.
  • Selanjutnya klik layar kerja dan atur alignHorizontal pilih center agar kotak tadi berada di tengah layar kerja.
  • Lakukan pegantian nama pada tek yang telah kita Tarik tadi, adapun yang diganti adalah :     Pada kotak horizontal tiga pada leber ganti nama menjadi HitsLabel dan HitsCountLabel. Pada texs sebelah kiri juga cukup tulis Hits dan pada tek hitsCount ganti 0. Namun pada kotak horizontal ke empat ganti nama menjadi MissesLabel dan MissesCountLabel. Pada texs sebelah kiri juga cukup tulis Misses dan pada tek MissCount ganti 0.
  • Pada canvas horizontal 1 setting ukuran gambar sesuai yang di inginkan yang berada di Width dan apload picture pada imageSpirit maka ia akan menampilkan seperti gambar berikut ini:

4

  • Buka open the blocks editor yang berada diatas sebelah kiri maka ia akan menanpilkan layar kerja untuk penyusunan PaZZle (program untuk menjalankan game nantinya). Adapun layar kerja sebagai berikut.

000

  • Selanjutnya tingal penyusunan pazzle dan adapun puzzle yang saya susun adalah sebagai berikut Cuma saya tidak menjelaskan bagaimana penyusunan karena lembar kerja sudah berada di sebelah kanan layar kerja, tingal masukin aja apa yang dibutuhkan., nah disini saya menyusun pazzle game sentuh gambar jadi saya menyusunnya sebagai berikut.

kembali

  • Pilih new emulator tunggu sejenak hingga akan menampilkan gambar sebagai berikut.

1223

  • Selanjutnya connect to device yang berada di sebelah new emulator tadi tungu beberapa saat lalu buka kunci pada gambar diatas dengan cara menarikkan ke kiri dan ia akan menampilkan sebagai berikut.

111

Catatan: dengan mengklik gambar nilai pada misses ataupun hits akan menambah., selamat mencoba..!!!

 

========Terimakasih========

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s