Perjalan panjang menuju itb

Bismillah..

Saya awali dengan masa perkuliahan d3 disaat mengerjakan tugas akhir., memeng benar kata orang kuliah itu terasa berat disaat akhir. kalau diawal-awal tidak terlalu sulit,11,12 lah dengan apa yang dirasakan anak SMA, dan ini saya telah rasakan sendiri, ketika membuat suatu tugas yang agung untuk mendapatkan secarik kertas yaitu ijazah.,mungkin saudara tidak sama dengan yang saya rasakan,dan mungkin juga saudara pernah sama ataupun lebih berat dari apa yang saya derita.,ketika itu saya mengajukan suatu judul dimana judul tersebut datangnya dari dosen dan judulnya berhubungan dengan pembangkit atau PLTMH. seterusnya tugas tersebut boleh dikerjakan secara berkelompok paling banyak 6 orang.,setelah kami membentuk suatu kelompok dan survey dilapangan dimulai dari melihat letak lokasi,debit air dan segala macam, hingga akhirnya kami pun memutuskan untuk mulai melakukan pekerjaan dan penelitian tersebut.,didalam pekerjaan itu kami juga membuat laporan perkembangannya., sehingga stelah mendapatkan data dari hasil penelitian kami pun melakukan bimbingan kepada dosen tersebut namun setelah dipelajarinya dan dianalisa oleh dosen tersebut maka dosen itu memutuskan untuk membatalkannya.,Why.??? itu yang pertama…yang kedua selanjutnya saya sendiri memutuskan untuk keluar dari kelompok dan melakukan penelitian dikampus sementara itu teman-teman kelompok juga melakukan pendekatan formal untuk memecahkan masalah tersebut dan akhirnya mereka pun mendapatkan solusi  berupa judul baru.,, seterusnya dari penelitian yang saya lakukan maka saya simpulkan suatu judul yang berhubungan dengan Transmisi kelistrikan maaf sebelumnya.,karena saya kuliah dulu d3 jurusan listrik maka tugas akhirnyapun harus berhubungan dengan listrik.,akan tetapi memang pada awalnya  judul tersebut diterima, sama hal nya dengan yang pertama tapi akhirnya setelah bab 2 judul tugas akhir tersebut juga ditolak.,terbayan gag tu, gimana perasaan saya akan tetapi saya tidak mau menyerah.,karena prinsip hidup saya sekali melangkah pantang untuk mundur..

lalu saya lakukan penelitian yang ketiga,.,dan ini saya dapatkan ketika saya melihat betapa pentingnya bagi siswa SMP/SMA sederajat. dalam melakukan perhitungan baik pelajaran matematika,Fisika dll.,lalu saya angkat judul Kalkulator Kelistrikan berbasis android.,serta penjelasan dari stiap rumus dan cara belajar yang lebih mudah.,jadi dengan memiliki Hp android kita tidak perlu lagi susah-susah mencari di google atapun dibuku lainnya sebab disana telah dirinci sedemikian rupa.,tingan masukin angkanya maka hasilnya akan keluar.,serta penjelasannya,kelebihannya tentu banyak dari kalkulator lain.,dan ini juga sangat dibutuhkan untuk perkuliahan apalagi jurusan teknik, karena berhubungan dengan rangkaian listrik.,fisika terapan dll., akan tetapi juga ditolak., capek gag tu.,

saya pernah menanyakan dengan dosen dan senior lainnya memeng dosen pempimbing saya itu orangnya memang dari dulunya seperti itu,.dan ini dilakukan stiap mahasiswa bimbingan dia hingga dosen saya saja yg katanya pernah belajar sama dia dulunya juga merasakan demikian.,yang anehnya teman saya satu bimbingan akan tetapi beda judul, sudah sampai bab 4 bimbingan dengan dia., ditolak..mengangis dia.,masya allah kebayan ngak tu…

trus saya gag mau gagal lagi dan akhirnya saya bertemu dengan bapak dan meminta pendapatnya untuk tugas akhir selanjutnya., dan dia mengatakan kalau untuk Nazirin mah bapak gag ada judul ..wah wah wah…sedih rasanya hati ini akan tetapi saya selalu sabar dan akhirnya lama kelamaan danhari trus berjalan, dan wisuda yang pertama telah dilaksanakan.,saya hanya berdoa dan meminta maaf kepada kedua ortu saya tentang hal ini.,lalu karena dikampus saya wisudanya 4 x dalam setahun., dan akhirnya pada wisuda kedua saya tentu tidak mau berlalu tanpa ada saya disana., jadi saya datangkan lagi dosen itu dan akhirnya dia memberikan solusi mungkin ini buah dari kesabaran dan doa yang telah saya panjatkan kepada allah subhanahu wata’ala. saya diberikan judul baru dan itu saya kerjakan dalam waktu 2 bulan.,itupun masih banyak tanda tanya besar yang membuat saya terpuruk akan tetapi hal itu sudah biasa bagi saya.,jadi tidak masalah.,dan akhirnya saya wisuda yang ke dua pada bulan November akhir.,dan wsuda yang pertama tadi bulan September awal.

karena cita-citaku ingin menjadi orang yang lebih baik pada bulan desember akhir 2013 saya berangkat menuju kota surabaya untuk melanjutkan perkuliahan saya di kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan ingin mengambil jurusan yang sama teknik elektro Power Sytem. dalam Program Lintas Jalur D3 ke S1. namun akhirnya juga menimbulkan kekecewaan.,saya belum mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu disana.,dan saya memutuskan untuk mengulang kedua kalinya pada semester berikutnya.,akan tetapi tentu banyak hal terlintas dibenak saya sembari menunggu pendaftaran berikutnya dan akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan ijazan d3 saya untuk melamar pekerjaan di Kota Yogyakarta, sikat cerita 2 bulan dikota tersebut saya merasa belum pas bekerja disana karena terlalu jauh dengan orang tau dan akhirnya saya pulang kampung halaman ke bengkulu., dan bekerja disana disuatu industri pengolahan minyak kelapa sawit., lama kelamaan saya kerja disana dan saya merasa bahwa saya harus kuliah lagi,.dan teman di surabaya sudah menghubungi untuk melakukan tes masuk ITS lagi namun saya masih mempertimbangkannya.,dan disaat itu saya juga mendapatkan info dari teman bahwa di ITB juga ada membuka program lanjut jenjang  dan saya memilih untuk mendaftar ke ITB.,melalui program SEAMOLEC yang akhirnya saya dinyatakan lulus.,

salah satu alasan saya memilik di ITB karena kualitas kampusnya luar biasa, dan ini juga bagian dari cita-cita saya dahulunya karena sangat ingin mencicipi ilmu yang berasal dari salah satu perguruan tinggi terbaik di indonesia.,.bergabung dengan ITB merupakan kebahagiaan yang luar biasa bagi saya,.

terimakasih…

 

Leave a Reply

